Belajar dengan Game, Why Not ? Part 3

    Author: Mr.Randy Genre: »
    Rating

    Hello,gak terasa udah part 3 aja nih tulisan, bakal ngalahin rekor sinetron gak yah?hehe. Btw,gimana kabar siswa-siswa galau semua? Semoga gak pada galau seperti mister yah?hehe .

    Oh ya, seperti yang mister katakan di tulisan sebelumnya, mister berjanji bakal nulis cara memilih permainan di kelas. Nah, bagi anda para pendidik,tentu sudah mengenal banyak jenis permainan yang bisa dilakukansebagai media pembelajaran dikelas. Tentunya, selain untuk mengurangi keboringan dalam belajar, juga bisa meningkatkan motivasi anak-anak dalam menangkap pelajaran. Kemampuan mengelola kelas permainan di kelas tentu berbeda dengan permainan yang tidak menuntut pemikiran seperti permainan di luar kelas /sekolah.

    jenis game pembelajaran dalam kelas

    Jika anda seorang pendidik, tentu harus melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu, sehingga permainan itu berjalan lancer dan tidak ada halangan. Permainan itu juga tidak mungkin dilakukan setiap pertemuan, mengingat itu bisa mengganggu silabus atau rencana pengajaran kita. Permainan atau game di kelas bisa dilakukan di saat akhir materi atau juga di sela-sela jam kosong dan disesuaikan dengan materi saat itu.

    Untuk jenis permainan dikelas sendiri ada banyak ragamnya, ada yang bersifat individu, berpasangan atau juga berkelompok. Mister di kursus sering mengadakan permainan tersebut, baik yang individu, group maupun berpasangan, seperti tebak kata, susun kalimat, whispering(berbisik), Cepat tepat, melengkapi gambar, bernyanyi lagu bahasa inggris dan kemudian diikuti dengan permainan sambung lagu,teka teki silang dan sebagainya. Yah mengingat mister hanya seorang tutor bahasa, tentu Cuma itu yang sering mister lakukan, ehehe, bagaimana dengan kamu?.

    Permainan yang tepat bisa membantu siswa mendapatkan sesuatu yang baru atau memperkuat ingatan mereka tentang materi (jika permainan itu dikaitkan dalam materi). Selain itu dapat juga meningkatkan kepercayaan diri mereka, menghilangkan kejenuhan dan menambah semangat mereka, apalagi jika kita mengajar di jam-jam terakhir sekolah/ kursus (*maklum pengalaman). Jika ada ruang computer, manfaatkan ruang computer untuk menciptakan permainan menggunakan computer yang menarik bagi siswa seperti tebak gambar, suara, acak huruf dan sebagainya.

    Nah, dari tulisan mister tentang belajar dengan game, Why not apa yang bisa kamu simpulkan? Apakah game tidak cukup baik sebagai sarana pembelajaran? Yuk share ide dan pandangan mu di kolom komentar berikut ini. Salam Mister galau yang Cuma namanya aja yang galau hehe.

    Siswa Mister Say: